Sukses

Max Sopacua: Yenny Wahid Dicarikan Posisi Selain Waketum

Yenny Wahid yang baru bergabung dengan Partai Demokrat diragukan untuk bisa menempati posisi Waketum lantaran telah disiapkan untuk kader PD yang loyal.

Partai Demokrat akan menambah dua posisi wakil ketua umum (Waketum) sehingga nantinya berjumlah empat orang. Sempat terbetik kabar bahwa posisi itu salah satunya akan diisi oleh Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid, putri mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Yenny Wahid setelah bergabung dengan Partai Demokrat.

"Kita sudah bicarakan dengan Pak SBY sebagai ketua formatur. Ada keinginan Mbak Yenny masuk di posisi puncak, tapi setelah dipikirkan lagi banyak kader sudah terbentuk sekian tahun," kata Waketum PD, Max Sopacua, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Karena alasan itu, lanjut Max, agak sulit bagi Yenny untuk meraih posisi strategis tersebut karena tak mungkin bagi PD menafikan kadernya yang telah berjuang sejak awal membesarkan partai. "Artinya Mbak Yenny tidak di posisi biasa, juga bukan di Waketum. Tapi di sebuah badan untuk pemilu, bapilu, dan sebagainya," kata Max.

Max menjelaskan, saat ini ada dua kursi kosong untuk jabatan Waketum dan salah satunya diproyeksikan untuk ditempati oleh Nurhayati Ali Assegaf yang saat ini menjabat Wakil Sekjen PD. Sedangkan satu posisi tersisa akan diisi kader asal Jawa.

"Sisa dua, salah satu akan diisi dari Jawa karena Waketum selama ini disebut tidak ada dari Jawa, jadi perlu diadakan dari sana. Pak SBY juga akan jeli memilih apakah dari profesional atau kemungkinan berasal dari kader partai," pungkasnya.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini