2 Menteri PKS Masuk Daftar Caleg 2014

  • Politik
  • 0
  • 09 Apr 2013 14:47

taufik-ridho130320b.jpg
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi sepakat tidak akan mencalonkan para petinggi partai dalam Pemilu 2014. Namun, PKS tetap mencalonkan 2 dari 3 menteri PKS yang ada di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

"Mereka yakni Pak Tifautul Sembiring di daerah pemilihan Sumut 1 dan Pak Suswono daerah pemilihan Jateng," ujar Sekretaris Jendral PKS, Taufik Ridho di Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Saat ini ada 3 kader PKS di kabinet. Ketiganya yakni, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Pertanian Suswono, dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri. Dari 3 nama itu, hanya Salim Segaf yang tidak dimajukan menjadi calon legislator.

Menurut Taufik, PKS mendaftarkan dua nama menteri menjadi caleg atas desakan massa di akar rumput. Sistem pencalegan di PKS, kata Taufik, bukan berdasarkan perintah dari atas ke bawah, tapi sebaliknya.

"Proses pencalonan bukan dropping dari atas, semua dari bawah terus naik ke atas kemudian di atas dibicarakan. Nah, dua nama ini permohonan basis massa yang ada di bawah. Oleh karena itu kita masukan beliau," tegas dia.

Taufik menjelaskan belum ada aturan tentang pembatasan pejabat publik untuk mencalonkan sebagai anggota legislatif. Berbeda dengan peraturan bagi kepala daerah.

"Tapi untuk menteri tidak ada aturan normatif, kemudian ketika basis masa mereka meminta untuk dicalonkan maka kita calonkan," imbuh Taufik.

Apakah menteri yang maju dalam pencalegan harus mundur? Menurut Taufik, PKS menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ada pun urusan mundur atau tidak itu tergantung Presiden. Karena menteri itu punya presiden, nanti tinggal lihat secara normatifnya, apa yang akan dilakukan oleh menteri itu," jawab Taufik. (Ism)

Credit: Ism

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler