Sukses

Jokowi Luncurkan Kartu Jakarta Pintar Sebelum UN

Kartu yang diusungnya bersama Wagub Ahok ini akan disebarkan pada pertengahan April nanti.

Setelah Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dibagikannya pada Desember 2012 lalu disambut meriah, kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi membawa kabar gembira untuk para pelajar Ibukota. Rencananya, KJP tahap 2 akan disebarkan pada pertengahan April nanti.

"Akan dibagikan pertengahan sampai akhir bulan. Kira-kira baru 80 ribu dari 380 ribu yang akan kami bagikan," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Jokowi menginginkan pembagian KJP ini rampung sebelum Ujian Nasional (UN) berlangsung pada 15 April mendatang. Jika pun belum menjangkau target, siswa yang akan menempuh UN, lebih didahulukan. "Ya pengennya gitu. Semua sudah berjalan. Yang UN didahulukan," ucap Jokowi.

Sementara, Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN) Heru Budi Hartono menyatakan, pembagian KJP akan lebih baik bila dilakukan sebelum UN. Pembagian KJP ini diharapkan dapat memberikan semangat moril kepada siswa-siswa yang akan menempuh ujian akhir.

Untuk lebih menyemangati siswa-siswa itu, Heru mempertimbangkan usulan Dirut Bank DKI Eko Budiwiyono untuk membagikan KJP pada car free day, Minggu 14 April mendatang.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto menuturkan, waktu dan mekanisme peluncuran hingga kini masih dalam proses pembahasan oleh pihak Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) DKI Jakarta.

Sebelumnya, sebanyak 3.013 KJP dibagikan pada pelajar di 5 wilayah DKI Jakarta, 1 Desember 2012 lalu. Anggaran untuk KJP tahap I berasal dari APBD 2012, sedangkan untuk April ini nanti KJP sudah menggunakan APBD 2013. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.