Sukses

Pesawat Sukhoi dan F16 Tidak Diterjunkan di HUT TNI AU

Sejumlah pesawat tempur akan difokuskan dalam latihan gabungan TNI yang digelar Mei 2013 mendatang.

Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) seperti F-16, Sukhoi 27 dan Sukhoi 30 MK2 tidak ditampilkan dalam perayaan HUT TN AU ke-67 yang digelar di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Alasannya, pesawat tempur itu akan difokuskan dalam latihan gabungan TNI yang digelar pada Mei 2013 mendatang.

"Sejumlah alutsista (pesawat) tidak dapat ditampilkan dalam memeriahkan HUT TNI AU kali ini karena difokuskan untuk latgab," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Meski demikian, dalam perayaan puncak hari ulang tahun TNI AU itu menampilkan 2 tim pesawat aerobatik kebanggaannya yaitu Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto dan Team Dynamic Pegasus Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Jawa Barat.

Tim Aerobatik Jupiter akan menggunakan 7 pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea yang diawaki instruktur penerbang. Tim Aerobatik Jupiter juga akan melakukan tarian udara dengan beberapa manuver di antaranya Jupiter Roll, LoopXClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back, Hi 'G' TurnRoll Slide dan Break Off.

Sementara Tim Dynamic Pegasus (TDP) menggunakan tujuh pesawat helikopter EC-120 Colibri dengan manuver yang akan ditampilkan antara lain Pegasus cross, Head On, Water Fall, Pegasus Love Tactical, Huming Bird Kiss dan Sparkling.

JAT beberapa kali tampil dalam berbagai pameran udara di antaranya HUT TNI AU ke-66, Yogyakarta Air Show, Makassar, Palembang dan Bandung Air Show. Beberapa acara internasional juga dihadiri tim aerobatik itu seperti perayaan 100 tahun penerbangan Thailand, di Bangkok 2012 lalu.

Selain penampilan kedua tim aerobatic tersebut, Kadispen AU Marsekal Pertama TNI Kazman Yunus menambahkan, langit Jakarta juga akan dihiasi sekitar 200 penerjun 'free fall' Paskhas yang berkualifikasi Para Lanjut Tempur (PLT). Para penerjun yang akan diturunkan menggunakan 3 pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma. Beberapa peterjun juga akan menampilkan atraksi pendaratan pada perahu Landing Craft Rubber (LCR).

Paskhas juga akan menampilkan keterampilan Tim Bravo'90 dalam simulasi menembak jarak dekat secara bersamaan dan berhadapan serta Halang Rintang (HR). Sebanyak 2.163 personel disiapkan untuk memeriahkan HUT TNI AU Ke-67 itu.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini