Sukses

VIDEO: TPA Kota Batu Sulap Sampah Jadi Listrik

Warna tempat pembuangan akhir sampah di Kota Batu, Jawa Timur berhasil memanfaatkan sampah menjadi energi listrik.

Pengelola sebuah tempat pembuangan akhir sampah di Kota Batu, Jawa Timur berhasil memanfaatkan sampah menjadi energi listrik. Namun karena terbatasnya fasilitas, energi yang dihasilkan baru mampu memasok listrik untuk 50 rumah di sekitar tempat pembuangan akhir.

Sampah yang menumpuk di tempat pembuangan akhir Tlekung,  Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timu ternyata masih dapat  berguna. Teknologi memungkinkannya menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat modern, yaitu listrik.

Caranya,  sampah difermentasi hingga menjadi gas metan. Selanjutnya gas metan yang mengandung air limbah dialirkan ke saluran pipa untuk proses penyulingan. Air limbah dialirkan ke kolam limbah dan gas metan dijadikan bahan dasar untuk menggerakkan genset. Genset inilah yang akhirnya difungsikan sebagai pembangkit listrik.

Dalam sehari, TPA Tlekung mampu menampung 90 ton sampah. Barang buangan yang sudah diolah itu kini mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk 50 rumah warga setempat. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.