Sukses

Kapolda-Danrem Nonton CCTV Hugo's Cafe Sebelum Penyerangan

Menurut Sabar, menonton CCTV itu sekaligus sebagai sarana komunikasi dalam mengungkap 4 pelaku yang belakangan disebut sebagai kelompok Deki.

Brigjen Pol Sabar Rahardjo saat masih menjabat Kapolda DIY mengaku memang sempat menonton rekaman CCTV dari lokasi tewasnya anggota Kopassus Sertu Heru Santoso di Hugo's Cafe, Sleman, pada Selasa (19/3). Sabar didampingi Komandan Korem (Danrem) menonton rekaman CCTV sebelum ada penyerangan ke Lapas Cebongan, Sleman, DIY pada Sabtu dini hari (23/3).

"Iya pertemuannya salah satu itu. Saya perlihatkan, saya memang undang Danrem dan pejabat. Lihat, bahwa keterbukaan untuk melihat CCTV," kata Sabar di Jakarta, Senin (8/4/2013).

Menurut Sabar, menonton CCTV itu sekaligus sebagai sarana komunikasi dalam mengungkap 4 pelaku yang belakangan disebut sebagai kelompok Deki. 4 Pelaku itu akhirnya tewas dalam penyerangan oleh 11 anggota Kopassus di Lapas Cebongan.

Komunikasi itu menurut Sabar terilhami agar peristiwa penyerangan di Polres Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatera Selatan, tidak terulang. Penyerangan Mapolres OKU di Sumsel dilakukan oleh puluhan anggota TNI AD dari Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) Martapura.

"Komunikasi itu dalam arti begini. Saya melihat kasus OKU, saya evaluasi, OKU itu kurang cepat. Makanya penanganannya saya itu bisa dilihat sendiri. Saya tangkap kurang dari 24 jam, sudah tercepat itu. Makanya kecepatan itu selalu itu saya komunikasikan. Kecepatan saya lakukan tindakan ini selalu saya komunikasikan," jelas Sabar. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini