Sukses

11 Kopassus Penyerbu Lapas Sleman Dipindah ke Makodam

Pemindahan dilakukan untuk menjalani pemeriksaan lebih dalam bagi para penyerang Lapas Sleman yang menewaskan 4 orang.

11 Anggota Kopassus yang diduga terlibat dalam penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, DIY kini dipindahkan ke Markas Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Pemindahan dilakukan untuk menjalani pemeriksaan lebih dalam bagi para penyerang Lapas Sleman yang menewaskan 4 orang.

"Saya koordinasi dengan Wakil Komandan Puspom. Hari ini 11 orang anggota dipindahkan ke Kodam IV/Diponegoro di Semarang dalam rangka penyidikan lebih dalam," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Rukman Ahmad di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2013).

Sebelumnya 11 anggota Kopassus itu masih berada di Markas Kopassus Grup II di Kandang Menjangan, Solo. Meski keterangan pers dari Ketua Tim Investigasi kasus ini Brigjen Pol Unggul K Yudhoyono sudah digelar sejak 4 hari lalu, penyelidikan terhadap 11 anggota Kopassus itu baru dilakukan hari ini.

Dari hasil pemeriksaan, nanti baru akan ditentukan siapa saja yang berstatus tersangka. "Semua tergantung penyidikan," ujar dia.

Hasil penyelidikan tim investigasi gabungan TNI dan Polri menyatakan, anggota Grup II Koppasus terlibat dalam aksi penyerangan dan penembakan 4 tahanan di LP Cebongan. Kini, 11 anggota masih menjalani penyidikan. Jika mereka terbukti bersalah, TNI akan memproses di pengadilan militer. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini