Sukses

Korut Vs Korsel Memanas, Jumhur: TKI Masih Aman

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat menyatakan, kondisi TKI di Korea Selatan saat ini masih aman.

Kendati suasana politik memanas di semenanjung Korea, Pemerintah Indonesia belum melakukan upaya khusus penarikan WNI ataupun buruh migran di Korea Selatan. Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat menyatakan, kondisi TKI di Korea Selatan saat ini masih aman.

"Jadi kenapa kita harus menarik TKI kita di sana?" kata Jumhur usai menggelar penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi di Jakarta, Senin (8/4/2013).

Meski begitu, Jumhur menegaskan, akan terus memantau perkembangan di kedua negara, khususnya Korea Selatan yang jumlah TKI-nya sekitar 36.000 orang. "Kami dan Pemerintah terus memantau perkembangan di sana melalui perwakilan di sana tentunya," jelas Jumhur.

Apalagi, Indonesia telah belajar dari pengalaman sebelumnya seperti konflik di sejumlah negara terutama di Timur Tengah. "Indonesia sudah pengalaman dari konflik seperti di Syiria dan beberapa negara di Timur Tengah," ucap Jumhur.

Jumhur menyatakan, pihaknya akan melakukan upaya khusus seperti evakuasi atau pemulangan TKI jika kondisi di Korea Selatan sudah tidak kondusif. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.