Sukses

Contraflow Cawang Distop, Wadirlantas: Banyak Sopir Tak Sabar

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menghentikan sementara penerapan jalur contraflow Cawang-Rawamangun.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menghentikan sementara penerapan jalur contraflow Cawang-Rawamangun. Pada Senin (8/4/2013) contraflow itu hanya berjalan hingga pukul 08.00 WIB.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo mengatakan, penghentian sementara tersebut mengingat jalur Tanjung Priok ke arah Cawang padat dengan kendaraan. Terlebih, banyak pengendara dari Tanjung Priok ke arah Cawang yang tak sabar jika terhambat sebentar saja.

''Teknisnya, lebar jalan Cawang-Grogol juga ikut menentukan. Lebar Tol tersebut hanya 12,7 meter. Sementara, untuk Cawang-Rawamangun lebar jalan hanya 10,75 meter. Kalau sudah macet, masyarakat mengeluarkan kata-kata ragunan (kasar),'' ungkap Sambodo.

Dia mengatakan, masih adanya lalu lintas truk muatan berat di jalur tersebut, menambah tidak dimungkinkannya dilaksanakan contraflow.

''Kendaraan di jalur Tanjung Priok menuju Cawang itu sangat membludak. Selain itu, jika ada kecelakaan di ruas jalan contraflow, diperkirakan petugas tidak bisa menangani dengan cepat lantaran tidak ada bahu jalan," ujar Sambodo di Markas Besar Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.