Sukses

Kasus Lapas Sleman, Eks Kapolda DIY Juga Akan Diperiksa

Pemeriksaan Sabar sebagai bagian dari tanggung jawab penyerangan yang menewaskan 4 tahanan Polda DIY itu.

Mantan Kapolda DIY Brigjen Pol Sabar Rahardjo yang baru saja diganti juga akan diperiksa terkait penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, DIY. Pemeriksaan Sabar sebagai bagian dari tanggung jawab penyerangan yang menewaskan 4 tahanan Polda DIY itu.

"Tentunya. Itu adalah bagian dari pertanggungjawaban," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo usai memimpin serah terima jabatan 6 Kapolda baru termasuk Sabar di Ruang Rapat Utama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2013).

Sabar kini sudah digantikan oleh Kepala Biro Kajian dan Strategi Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri, Brigjen Pol Haka Astana. Menurut Timur, proses investigasi yang dilakukan polisi akan terus berjalan. "Artinya proses penyidikan terus berjalan, sehingga itu yang fokus kita kerjakan," kata Timur.

Soal serah terima jabatan ini, Timur menekankan bahwa pergantian bukanlah pencopotan. Proses pergantian ini dianggap sebagai mutasi biasa di tubuh Mabes Polri. "Saya kira jangan pencopotanlah. Ini mutasi biasa. Dan semua terus berjalan. Saya kira itu," jelas mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Kasus Lapas Sleman berujung pencopotan pucuk pimpinan Polda DIY dan Pangdam Diponegoro. Pagi ini, Mayjen TNI Sunindyo yang sebelumnya menjabat Asisten Personalia Kepala Staf TNI AD menggantikan Mayjen TNI Hardiono Saroso sebagai Pangdam Diponegoro. Sedangkan Hardiono menjadi Staf Kepala Staf TNI AD di Mabes TNI AD. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.