Sukses

Semenanjung Korea Memanas, Korut Siapkan Uji Nuklir ke-4

Ada peningkatan aktivitas di sekitar lokasi uji coba nuklir Punggye-ri. Korut sudah uji coba nuklir ke tiga pada Februari.

Menteri Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Ryoo Kihl-Jae mengatakan Korea Utara (Korut) menunjukkan tanda-tanda akan melakukan uji coba nuklir keempat. Ada peningkatan aktivitas di sekitar lokasi uji nuklir mereka.

"Ada banyak tanda-tanda," kata Ryoo sebagaimana dikutip laman The Australian, Senin (8/4/2013).

Ryoo tidak menjelaskan secara detail peningkatan aktivitas Korut yang menunjukkan adanya tanda-tanda akan diadakannya uji nuklir itu. Namun, laporan intelijen Korsel menyebut peningkatan aktivitas terjadi sejak minggu lalu di sekitar pusat uji nuklir Punggye-ri di Provinsi North Hamgyong.

"Kami memonitor dari dekat situasi yang berlangsung, situasi yang sama dengan yang terjadi pada uji nuklir ketiga," kata pejabat senior Korsel itu.

Pejabat Korsel itu menyebut, Korut bisa melakukan uji coba dalam beberapa hari ke depan, tinggal menunggu keputusan politik negeri itu. Peningkatan aktivitas terlihat di sebelah selatan terowongan sebelah selatan di Punggye-ri.

"Kami mencoba untuk menggambarkan apakah ini benar-benar persiapan untuk uji nuklir atau hanya cara menambah tekanan kepada kami dan Amerika Serikat," kata pejabat yang tidak disebut namanya itu.

Korut telah beberapa kali melakukan uji coba nuklirnya. Pada Februari silam, negeri pimpinan Kim Jong-un ini telah melakukan uji coba nuklir ketiga. Uji coba nuklir juga pernah dilakukan pada 2006 dan 2009.

Beberapa waktu yang lalu, Korut juga menyatakan segera membuka reaktor nuklir di Yongbyon. Rencana itu dikeluarkan setelah tensi yang meningkat di Semenanjung Korea. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini