Sukses

VIDEO: Aher Imbau Warga Kaki Gunung Guntur Waspada

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengunjungi warga di kaki Gunung Guntur, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengunjungi warga di kaki Gunung Guntur, Jawa Barat -- yang aktivitasnya mengalami peningkatan. Dalam kunjungannya, pria yang akbab disapa Aher ini mengimbau warga waspada dengan kondisi Gunung Guntur.

Walau kondisi Gunung Guntur terpantau normal selama beberapa hari terakhir, namun Aher meminta warga Garut tetap mematuhi imbauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) agar menjauhi kawasan kawah dalam radius 2 km.

Aher pun meminta agar aktivitas penambangan pasir di kawasan kaki gunung juga dihentikan. Namun, tampaknya belum semua orang mengetahui himbauan sang gubernur.

Para penambang pasir di kawasan Gunung Guntur masih terus melakukan aktivitas. Truk-truk pengangkut pasir pun terlihat hilir mudik keluar masuk kawasan penambangan pasir di sejumlah titik di kawasan tersebut.

Salah seorang penambang pasir, Suherman mengaku masih melakukan aktivitas menambang pasir seperti biasa. Pasalnya, ia menganggap lokasi tempat ia mengais rezekinya cukup jauh dari kawah gunung -- berbeda dengan penambangan pasir ilegal yang berada di bagian atas gunung.

Alih-alih menuruti permintaan pemerintah, Suherman justru meminta pemerintah daerah menghentikan eksploitasi pasir ilegal itu. (Luq/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini