Sukses

Siapa Kyong-hui, Wanita di Balik Pemimpin Muda Korut Kim Jong-un?

Nama Korea Utara meroket seiring ancaman perang dan rudal yang digembar-gemborkannya kepada Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Nama Korea Utara meroket seiring ancaman perang dan rudal yang digembar-gemborkannya kepada Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sosok pemimpin muda berusia 30 tahun Kim Jong-un dinilai paling berperan dalam mengendalikan negara komunis tersebut.

Tapi apa benar Kim Jong-un yang mengendalikan nahkoda Korut? Ada spekulasi muncul bahwa sang bibi, Kim Kyong-hui yang berada di belakang sosok pemimpin di balik Kim Jong-un.

Dalam beberapa foto, seperti dilansir Dailymail, Minggu (7/4/2013), terlihat Kyong-hui memimpin rombongan petinggi Korut, yang kemudian diikuti Jong-un. Dan memang kehadiran Kyong-hui ini adalah pilihan ayah Jong-un atau saudara sekandung Kim Jong-il -- pemimpin Korut yang wafat pada Desember 2011.

Menurut laporan Telegraph, Kyong-hui telah berperan penting dalam takhta pemimpin Korut dalam 4 dekade terakhir. Bersama suaminya, Jang Sung-taek, wanita ini telah menjadi mentor untuk Jong-un hingga Jong-il tutup usia.

Selama itu juga, Kyong-hui menjadi Direktur Partai dan Kementerian Korut. Sedangkan sang suami, Sung-taek adalah Wakil Ketua Komisi Pertahanan Negara yang juga memiliki hubungan dekat dengan para petinggi negara sekutu, China.

Kini Korut tengah bersitegang dengan Korsel dan AS. Korut telah memasang rudal di peluncur yang siap diantarkan ke Korsel dan markas militer AS di Guam, Samudra Pasifik. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini