Sukses

VIDEO: HTI dan Majelis Mujahidin Tolak RUU Ormas

Massa menolak RUU Ormas karena dinilai upaya membangkitkan kembali rezim orde baru yang represif dan membungkam kebebasan

Ratusan orang yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Majelis Mujahidin di Tegal, Jawa Tengah, berdemonstrasi, menolak pengesahan RUU Organisasi Massa. RUU itu sedang digodok di Gedung DPR.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Tegal, Minggu (7/4/2013), aksi kedua ormas itu diawali dengan berjalan kaki dari Kabupaten Tegal menuju Kota Tegal. Massa kemudian berorasi sambil membentangkan aneka spanduk serta pamflet yang berisi penolakan RUU Ormas.

Pendemo menilai RUU yang memasuki fase pembahasan di DPR merupakan upaya membangkitkan kembali rezim Orde Baru yang represif. RUU itu juga dinilai berpotensi membungkam kebebasan berpendapat dan sikap kritis masyarakat terhadap pemerintah dengan berbagai dalih.

Menurut pendemo, RUU Ormas sekilas memberikan ruang gerak untuk kemajuan masyarakat luas. Tetapi sesungguhnya justru membatasi masyarakat untuk mengawasi pemerintah. Itu berarti langkah mundur dalam menjalankan amanat reformasi.

Aksi itu mendapat pengawalan dari puluhan anggota Polresta Tegal(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.