by

VIDEO: Dari Subang, Sisingaan Terus Dilestarikan

  • Peristiwa
  • 0
  • 07 Apr 2013 05:20
Syamsu Nursyam

Tradisi sisingaan merupakan tradisi asal Subang, Jawa Barat, yang terus dilestarikan. Tradisi ini digelar dalam acara tertentu seperti khitanan, nikahan, atau ulang tahun.

Subang: Tradisi sisingaan berasal dari Subang, Jawa Barat, yang terus dilestarikan. Tradisi ini digelar dalam acara tertentu seperti khitanan, nikahan, atau ulang tahun. Ciri khasnya ada pada sepasang patung sisingaan atau binatang mirip singa.

Memulai tradisi sisingaan, anak-anak sibuk bersolek dan bersiap dengan segala atributnya. Sisingaan yang akan diarak juga mulai dihias dan dibekali dengan sesajen beras dan uang. Agar makin menarik, sisingaan kini makin variatif. Tak hanya singa, tapi ada pula yang berbentuk burung, naga, dan hewan lainnya.

Warga Dusun Siwalan, Kecamatan Pusakanagara, Subang, sangat antusias menggelar tradisi sisingaan. Seluruh persiapan arak-arakan telah selesai dan saatnya sisingaan beraksi keliling kampung. Empat orang pemain sisingaan mulai menari dengan iringan lengkingan terompet serta gendang.

Puluhan seni sisingaan biasanya berkeliling desa. Sesekali para pemain menampilkan gerakan serentak serta dengan goyang tarian yang atraktif. "Ini sama dengan melestarikan kebuadayaan Subang yang datang dari nenek moyang, karena ini tradisi turun temurun," kata Lilik, salah seorang warga Subang.

Kesenian sisingaan biasa dimainkan pada saat khitanan sebagai tanda anak memasuki tingkat dewasa. Namun kini makin diminati pula untuk berbagai macam hajatan di Jabar.(Ado)
Comments
Sign in to post a comment