Sukses

Sejumlah Bom Meledak Serentak di Malam Natal

Perayaan malam Natal ternoda ledakan bom secara serentak di sejumlah gereja, tepat pukul 21.00 WIB. Dua orang tewas, belasan luka-luka, dan sembilan unit mobil luluh lantak.

Liputan6.com, Jakarta: Beberapa bom meledakserentak di halaman sejumlah gereja di Jakarta ketika berlangsung misa perayaan Natal, Ahad (25/12) malam. Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan Liputanb6.com, rumah ibadah umat Kristen Katolik dan Protestan yang terkena ledakan adalah Gereja Katedral di Jalan Lapangan Banteng dan Gereja Kanisius, Menteng, Jakarta Pusat. Sementara dari kawasan Jakarta Timur, Gereja Santo Yoseph, Matraman, Gereja Koinonia, Jatinegara, dan Gereja Persekutuan Oikumene, Halim juga diledakkan.

Menurut perkembangan situasi terakhir di Katedral, bom meledak di gereja ini pada pukul 21.00 WIB. Ledakan yang diawali kepulan asap putih ini terjadi di jalanan di depan gedung gereja. Akibat ledakan itu, dua orang ibu dan satu orang anak kecil menderita luka pada bagian kaki. Selain itu berbagai kerusakan yang terjadi akibat ledakan mencapai radius sepuluh meter. Sementara sejumlah gerobak para pedagang kaki lima hancur berantakan. Para korban pengeboman ini segera dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Peristiwa ini juga menyebabkan seorang juru kamera SCTV Satya Pandia menderita luka di bagian kaki. Termasuk pula kamera yang dibawanya rusak berat dan tak bisa digunakan sama sekali.

Pada peristiwa ledakan ini, sebuah mobil Toyota Kijang berwarna merah dengan nomor polisi B 1024 PD juga telah mengalami kerusakan berat. Kendaraan milik Lie Chio Hing, warga Perumahan Taman Alfa Indah ini masih berada di lokasi kejadian. Hingga saat ini, jenis bahan peledak masih belum bisa diidentifikasi. Sebab masih dalam penelitian Satuan Brigade Mobil dan Polres Metro Jakarta Pusat. Areal yang dipenuhi serpihan kaca mobil dan massa yang baru saja pulang melaksanakan ibadah salat Tarawih diisolasi dengan garis pembatas polisi.

Kendati peristiwa ledakan telah menimpa gereja terbesar di Indonesia ini, misa ketiga yang bakal dimulai pada pukul 21.00 WIB tadi tetap berlangsung. Perayaan Natal itu dipimpin oleh Romo A. Mardoko.

Sementara itu menurut informasi yang diperoleh dari Gereja Vincentius, Kramat, Jakpus, sebanyak empat orang telah menderita luka parah. Sedangkan pada peristiwa ledakan yang diduga berasal dari sebuah granat tangan yang dilemparkan ke depan Gereja Koinonia di Jatinegara, Jaktim --pada jam yang sama-- telah menewaskan satu orang. Menurut Antara, korban tersebut bernama Ribut Tampubolon.

Peristiwa yang sama juga terjadi di Gereja Kanisius di Jalan Menteng Raya. Ledakan itu terjadi pada jarak sekitar 30 meter dari tempat perayaan kebaktian malam Natal. Menurut informasi, di lokasi ini telah terjadi dua kali ledakan yang berselang hanya dua menit. Diperkirakan, sudah delapan orang yang langsung diangkut ke rumah sakit terdekat. Sedangkan delapan mobil yang tengah diparkir di dua jalur jalan tersebut juga telah terbakar.

Beberapa saat kemudian, Gubernur DKI Sutiyoso bersama Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Makbul Padmanegara langsung muncul. Polisi mengaku telah memeriksa Ronny, pemilik mobil Honda Accord yang dicurigai terlibat dalam peristiwa pengeboman tersebut.

Peristiwa ledakan ini sebenarnya sudah sempat tercium. Sebab seorang polisi yang bertugas di sekitar Tugu Tani, Menteng, Jakpus, telah menerima telepon gelap. Isinya: tak lama lagi --sekitar pukul 21.00 WIB-- Gereja All Saints Anglican bakal diledakkan. Polisi tadi bergeming. Namun tak sampai tiga menit kemudian, terdengar sebuah ledakan. Pusat ledakan itu diperkirakan berasal dari sebuah mobil yang diparkir di depan Gereja Kanisius, yang berjarak sekitar 200 meter dari Gereja Anglican. Seorang korban dalam peristiwa ini segera dilarikan ke RSCM.

Sedangkan di depan Gereja Santo Yoseph di Jalan Mataraman Raya, ledakan bom telah menghancurkan sebuah halte. Selain itu, tiga orang pemuda tengah berada di dalam sebuah mobil Toyota Land Cruiser bernomor polisi B 999 VO dikabarkan terluka berat. Ledakan bom di gereja ini pun terjadi sekitar pukul 20.50 WIB. Gereja ini terletak tak jauh dari halaman Kesusteran Santa Fransiscus, Jatinegara Matraman. Akibat ledakan tersebut halte bus di depan gereja rusak berantakan, termasuk puluhan mobil yang diparkir di kompleks gereja. Seorang korban yang bernama Ronny Renaldi warga Kayu Manis, Jaktim tewas. Para korban lainnya di areal ini dibawa ke RS Saint Carolus dan RSCM. Menurut saksi mata, bom di situ hanya terdengar satu kali ledakan saja.

Jenazah Ronny kini masih berada di kamar mayat RSCM. Sedangkan seorang korban tewas yang bernama Abdul Karim warga Matraman, berada di RS Carolus.

Dalam pengamatan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Mulyono Sulaiman, ledakan bom yang terjadi di Gereja Santo Yosep ini bertujuan untuk mengganggu ibadah umat Kristiani yang tengah melakukan misa Natal. Pernyataan itu disampaikannya sesaat setelah meninjau lokasi ledakan tersebut. Kapolda mengaku belum bisa memastikan jenis bom dan kandungan di dalamnya. Dia meminta aparat diberi kesempatan untuk melakukan penyidikan.(BMI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini