Sukses

Baru Ngeh Autisme, Jokowi Konkretkan Bantuan

Diakui Jokowi, permasalahan autisme tidak dikuasainya secara mendalam. Namun bantuan harus dikonkretkan. Termasuk mengampanyekan Jakarta Ramah Autisme.

Diakui Jokowi, permasalahan autisme tidak dikuasainya secara mendalam. Namun bantuan harus dikonkretkan. Termasuk mengampanyekan Jakarta Ramah Autisme.

"Memang banyak hal yang saya sendiri tidak tahu. Tapi tadi diberitahu oleh Bu Gayatri (Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia [Mpati] Gayatri Pamoedji) mengenai bagaimana menyiapkan lingkungan, menyiapkan Jakarta yang ramah terhadap autisme," kata Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini.

Hal ini disampaikan Jokowi usai acara 'Pencanangan Program Kerja Sama Pemprov DKI dengan Mpati: Jakarta Ramah Autisme' di Soehana Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (6/4/2013).

Menurut Jokowi, pihaknya sudah banyak membantu mengampanyekan mengenai autisme melalui brosur, surat simpati, maupun video. Tujuannya agar masyarakat luas bisa lebih mengetahui permasalahan ini.

"Mungkin ada ibu yang tidak tahu autisme itu apa, sehingga penanganannya lebih mudah," ujar mantan Walikota Solo ini.

Pemprov DKI, lanjut Jokowi, juga akan memberikan sejumlah fasilitas bagi anak penyandang autis. Baik dalam bidang pendidikan seperti di sekolah, maupun di lingkungan semisal di taman atau tempat terbuka hijau, dan mall.

"Untuk mall, ya nanti akan kita tindak lanjuti. Secara teknis nanti harusnya mall seperti apa, taman seperti apa, sekolah seperti apa, karena saya baru bertemu sekarang. Kita ingin hal-hal yang konkretlah," ucap pria yang mengenakan kemeja putih ini.

Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (Mpati) Gayatri Pamoedji mengatakan, Jokowi adalah Gubernur keempat DKI Jakarta yang diminta untuk bekerja sama peduli autisme.

"Kita mohon dari beliau (Jokowi) langkah konkretnya mendukung Jakarta ramah terhadap autisme," harap Gayatri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.