BNPB: Belum Ada Korban Gempa Tolikara Papua

  • Peristiwa
  • 0
  • 06 Apr 2013 13:28

bnpb-130406b.jpg
Belum ada laporan korban maupun kerusakan yang timbul akibat gempa yang mengguncang Tolikara, Papua. Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter itu telah dilaporkan kepada Presiden SBY.

"Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Papua, belum ada laporan adanya korban dan kerusakan akibat gempa yang berpusat di distrik Tayese," sebut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Masyarakat Kota Karubaga sebagai ibukota Kabupaten Tolikara, tutur dia, merasakan gempa. Tapi tidak ada korban jiwa dan kerusakan. Rumah penduduk sebagian besar setengah tembok dan setengah papan.

"Gempa juga dirasakan di Yapen, Jayapura, Timika. Sementara tidak ada korban dan kerusakan di daerah tersebut," sebut Sutopo.

BPBD Papua, lanjut dia, sedang menunggu laporan dari Mamberamo. Saat ini BPBD Papua terus berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Saya telah melaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden terkait kejadian gempa di Tolikara, Papua," jelas Sutopo.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa atau shakemap, papar dia, maka guncangan gempa dirasakan dengan skala VI MMI (kuat) di Tolikara, V MMI (sedang) di Mulia, IV MMI (ringan) di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura, dan III-IV di Sarmi.

Di daerah Tolikara dan sekitarnya, menurut dia, memang bahaya tinggi gempabumi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut pada tahun 1926 berkekuatan 7,9 SR dan tahun 1971 bermagnitude 8,1 SR.

"Update gempa akan dilaporkan terus jika ada yang baru. BNPB dan BPBD Papua terus melakukan pemantauan dan pendataan," demikian Sutopo. (Sss)

Credit: Shinta NM Sinaga

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler