Sukses

Penyerangan LP Sleman Akibat Rebutan Lapak? Sutiyoso: Itu Mungkin

Penyerangan Lapas Sleman tidak tertutup kemungkinan dilatarbelakangi rebutan lapak, karena penyerangan itu terkait pembunuhan anggota Kopassus Serka Heru Santoso di Hugo's Cafe, Yogyakarta.

Mantan Wakil Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Sutiyoso mengatakan, penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, Cebongan, Sleman, Yogyakarta tidak tertutup kemungkinan dilatarbelakangi rebutan lapak. Sebab kasus itu terkait pembunuhan anggota Kopassus Serka Heru Santoso di Hugo's Cafe, Yogyakarta.

"Kejadian di Hugo's Cafe sangat mungkin itu. Mungkin ada anggota Kopassus yang mengusik lapak," kata Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Bang Yos menambahkan, kasus ini juga mungkin terjadi karena ada kaitan kerjasama antara 11 anggota Kopassus yang melakukan penyerangan dengan polisi yang menangani kasus pembunuhan Serka Heru Santoso. Hal ini bisa diusut melalui surat perintah yang membuat penyerangan itu bisa terjadi dengan lancar.

"Itu surat perintah kan ada kop surat. Nah ini bisa saja terjadi di prajurit bawah. Juga soal senajata yang keluar. Sebenarnya di luar tugas dinas, senjata harus masuk gudang. Tapi mungkin ada kerjasama dengan penjaga gudang di bawah, sehingga senjata keluar," ucapnya.

Bang Yos menambahkan, pasukan yang sudah dilatih skill militer perlu mendapat latihan pengendalian diri. Hal ini menjadi tugas atasannya, agar pasukan yang sudah memiliki kemampuan tempur tidak melakukan tindakan yang salah.

"Pasukan yang punya kemampuan militer memang harus dibina masalah pengendalian diri. Itu tugas para perwira untuk mendidik anak-anak buah. Kalau perwira enggak bisa (membina), maka semestinya dia tidak lulus jadi perwira," tandas Bang Yos. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.