Pertempuran Kian Sengit, Anggota GAM Bertahap Menyerah

  • Politik
  • 0
  • 29 Mei 2003 23:11

290503cKontak_Senjata.jpg
Liputan6.com, Bireun: Memasuki hari ke-11 operasi militer, kontak senjata antara pasukan TNI dan Gerakan Aceh Merdeka masih terus terjadi di beberapa wilayah di Nanggroe Aceh Darussalam. Baku tembak pun berlangsung di Desa Blang Badeh, Jeumpa, Bireun, Kamis (29/5) siang tadi. Peristiwa ini terjadi ketika pasukan gabungan TNI-Polri yang tengah mengawal truk pengangkut bantuan makanan melintas di kawasan tersebut. Tak ada korban jiwa dalam baku tembak ini.

Serentetan tembakan yang berasal dari sebuah hutan menghentikan konvoi kendaraan. Pasukan TNI-Polri pun langsung membalas tembakan tersebut. Bahkan, sejumlah anggota TNI-Polri berusaha mengejar lebih dekat ke arah tembakan tersebut. Setelah itu anggota GAM masuk ke dalam hutan.

Seiring dengan semakin sengitnya perlawanan GAM, TNI kembali mengirimkan pasukan bantuannya. Sekitar 433 anggota Batalyon Infanteri 642 Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, tiba di Pelabuhan Krung Batee, Aceh Utara. Pasukan yang rencananya akan ditempatkan di beberapa daerah di Aceh Barat ini diterima Wakil Panglima Komando Operasi TNI Brigadir Jenderal Marinir Safzen Nurdin. Pada kesempatan ini, Safzen mengatakan untuk memperkuat dan melancarkan operasi terpadu di Aceh akan dikirim lagi sekitar tiga hingga empat batalyon baca: <a href=http://www.liputan6.com/news/?id=55426>TNI: Tiga Bulan Lagi Kekuatan GAM Berkurang</a>

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler