Sukses

FOTO: Idjon Djanbi, Komandan Pertama Korps Baret Merah

Idjon Djanbi asli memiliki nama lengkap Mochamad Idjon Djanbi. Dia merupakan seorang pria Belanda yang lahir di Booskop, Belanda, 13 Mei 1914.

Nama Idjon Djanbi kini semakin dikenal publik seiring muncul akun Facebook atas nama itu. Akun Facebok atas nama Idjon Djanbi mem-posting kronologi penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, DIY yang menewaskan 4 tahanan. Meski hingga kini, belum diketahui identitas asli akun Facebook yang mencatut nama Komandan pertama Kesatuan Komando Teritorium III, yang merupakan cikal bakal Korps Baret Merah, Kopassus.

Idjon Djanbi asli memiliki nama lengkap Mochamad Idjon Djanbi. Dia merupakan seorang pria Belanda yang lahir di Booskop, Belanda, 13 Mei 1914. Sebelum menjadi Warga Negara Indonesia, nama asli Idjon adalah Rokus Bernadus Visser.

Mayor Mochamad Idjon Djanbi merupakan mantan Kapten KNIL yang pernah bergabung dengan Korps Special Troopen dan pernah bertempur dalam perang dunia II. Idjon diangkat menjadi Komandan pertama Kesatuan Komando Teritorium III yang merupakan cikal bakal Korps Baret Merah Kopassus.

Idjon Djanbi meninggal di Yogyakarta, 1 April 1977. Pada HUT Kopassus ke-25 pada 16 April 1977 di Yogyakarta, Idjon menerima penghargaan kenaikan pangkat sebagai Letnan Kolonel. Nama Idjon Djanbi diabadikan menjadi nama Ksatrian Pusat Pendidikan Kopassus Batujajar. Berikut foto-foto Idjon Djanbi di gedung Sarwo Edhie Wibowo, Markas Kopassus:

1. Gedung Sarwo Edhie Wibowo "Hidupku Untuk Negara dan Bangsa"

2. Para Komandan Pasukan Elit Kopassus dari Idjon Djanbi sampai Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya

3. Idjon Djanbi, Komandan Pertama Baret Merah (kiri atas)

4. Sejarah Idjon Djanbi di antara Jenderal Sudirman, Sarwo Edhie Wibowo, AE Kawilarang, Ahmad Yani, dan Slamet Riyadi

5. Sejarah Idjon Djanbi di antara Jenderal Sudirman, Sarwo Edhie Wibowo, AE Kawilarang, Ahmad Yani, dan Slamet Riyadi

6. Moch Idjon Djanbi

7. Wartawan mengabadikan profil Idjon Djanbi

8. Gubernur Jokowi dan Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo di depan foto Idjon Djanbi



(Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini