Kisruh Bendera Daerah Mirip GAM, SBY Panggil Gubernur Aceh

  • Politik
  • 0
  • 05 Apr 2013 14:30
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengundang Gubernur Aceh Zaini Abdullah terkait polemik penggunaan bendera Aceh yang mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Satu hal ditegaskan SBY, masalah bendera dan lambang daerah bukanlah ranah politik sehingga penyelesaiannya melalui undang-undang.

SBY berharap hasil pembicaraan Mendagri Gamawan Fauzi dengan pihak di Aceh dapat membawa pemahaman yang positif. SBY juga mengatakan dalam waktu dekat akan mengundang Gubernur Aceh Zaini Abdullah untuk bertemu.

"Beberapa saat lagi saya akan mengundang Gubernur Aceh untuk membicarakan ini, bagaimana kita justru bersatu bersinergi untuk memajukan Aceh, agar Aceh tetap tenang dan damai, agar Aceh bisa membangun masyarakat dan daerahnya dan kesejahteraan rakyat bisa terus ditingkatkan," kata SBY di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Presiden menegaskan, sudah mengeluarkan amnesti kepada seluruh anggota GAM. Maka itu, kata SBY, pikiran-pikiran yang bisa ditafsirkan sebagai kelanjutan gerakan pemisahan diri itu juga harus dihentikan. Maka itu, SBY mengatakan perlunya mengingatkan seluruh pihak termasuk warga Aceh.

"Di situ lah kita harus meletakkan bagaimana isu lambang daerah di Aceh ini. Saya masih berharap dalam satu dua minggu itu selesai dan kemudian tidak ada lagi gangguan apapun atas masalah-masalah itu," ujar SBY.

Yang jelas, kata SBY, Merah Putih harus berkibar di seluruh Tanah Air. Karena itu adalah bendera Republik Indonesia.

"Itu bendera kita dan daerah bisa saja memiliki lambang tetapi sesuai ketentuan yang berlaku, ketentuan UU, semangat serta jiwa bahwa hanya ada satu bendera kedaulatan kita, yaitu sang Merah Putih," kata SBY. (ant/Ism)

Credit: Ism

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler