Sukses

Danjen Kopassus: 11 Orang Itu Anak Buah Saya, Saya Tanggung Jawab

Agus menegaskan, kini pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada hukum yang berlaku di militer.

Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo menegaskan dirinya adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

"Kalau bicara siapa yang bertanggung jawab, itu semua anak buah saya. Saya orang yang terdepan bertanggung jawab," kata Mayjen TNI Agus Sutomo, di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013).

Agus menegaskan, kini pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada hukum yang berlaku di militer. "11 Orang itu anak buah saya, karena Kopassus ada komandannya, komandannya itu Jenderal Kopassus, sayalah orangnya," ujarnya.

Agus menjelaskan, seluruh anggota pasukan khusus yakni Grup I Serang, Grup II Solo, Grup III Sandy Yudha Jakarta, dan Pusdik Batu Jajar adalah anak buahnya. "Maka sayalah orang yang paling bertanggung jawab dalam institusi Kopassus. Hukum biar berjalan, kami hormati," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Investigasi TNI AD, Brigjen Unggul K Yudhoyono, mengungkapkan, tindakan yang dilakukan 11 anggota Kopassus itu dilandasi jiwa Korsa. Jiwa itu adalah untuk membela kehormatan kesatuan. "Ini roh setiap satuan militer," kata Unggul di Kartika Media Center, Jakarta.

Penyerangan Lapas Sleman terjadi pada Sabtu 23 Maret sekitar pukul 00.30 WIB. Pelaku diketahui membawa senjata dan mencari 4 tersangka yang ditahan akibat kasus pengeroyokan anggota Kopassus Sertu Santoso hingga tewas. 4 tahanan itu tewas dengan luka tembakan, yakni Dicky Sahetapy, Dedi, Aldi, dan Johan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini