Sukses

Jokowi dan Danjen Kopassus Susuri Sungai Ciliwung

Jokowi mendapatkan penjelasan dari salah seorang prajurt Kopassus yang selama ini mengelola TPST itu sejak tahun 2012.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi bersama dengan Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo meninjau lokasi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kopassus di dalam area Komplek perumahan Kopassus. Keduanya berada dalam satu perahu karet.

Pantauan Liputan6.com, setelah menempuh perjalanan berkeliling area perumahan prajurit Kopassus, Jokowi kemudian memantau proses pengerjaan pengelolaan sampah organik dan non organik di TPST yang berada di tepi kali Ciliwung, Jumat pagi (5/4/2013).

Jokowi mendapatkan penjelasan dari salah seorang prajurt Kopassus yang selama ini mengelola TPST itu sejak tahun 2012. "TPST ini luasnya 5.000 meter persegi untuk pembuangan akhir sampah warga Kopassus yang jumlahnya sebanyak 1.800 KK," ujar prajurit menjelaskan kepada Jokowi.

Menurut dia, sampah organik dan non-organik itu selain diolah menjadi pupuk organik juga diolah untuk menjadi produksi gas. Gas itu nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak.

Setelah itu, Jokowi bersama dengan para petinggi Kopassus menyusuri kali Ciliwung dengan menggunakan perahu karet. Jokowi dan Danjen Kopassus berada dalam satu perahu.

Mereka pun menyusuri Kali Ciliwung yang melintas di belakang area komplek Kopassus. Selama perjalanan, Jokowi mendengar penjelasan Danjen terkait dengan aksi anggota Kopassus yang setiap hari Jumat melakukan kegiatan aksi bersih-bersih kali Ciliwung.

Sesekali beberapa warga yang rumahnya berada di tepi sungai melambaikan tangan kepada Jokowi. Jokowi pun membalas lambaian tangan dengan tersenyum.

Setelah hampir 20 menit menyusuri sungai, kemudian Jokowi melakukan kegiatan ramah tamah di lapangan tembak Ramashinta bersama dengan para prajurit Kopassus. Di lapangan itu, Jokowi kembali mendengar penjelasan terkait kegiatan prajurit Kopassus dalam melestarikan kali Ciliwung. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.