Sukses

VIDEO: 800 Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

Banjir terparah terjadi di Kelurahan Pakis dan Sumberejo, Banyuwangi, Jatim. Ratusan rumah tergenang air setinggi 50 sentimeter.

Lebih dari 800 rumah di Banyuwangi, Jawa Timur terendam banjir. Rumah-rumah itu berada di 3 kelurahan dan 1 desa.

Pantauan SCTV, Kamis (4/4/2013), banjir terparah terjadi di Kelurahan Pakis dan Sumberejo. Ratusan rumah tergenang air setinggi 50 sentimeter.

Genangan banjir melumpuhkan aktivitas warga. Anak-anak sekolah sebagian juga diliburkan karena gedung kebanjiran.

Warga mengatakan banjir terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari. Banjir diduga karena luapan Sungai Bagong. Pemerintah daerah setempat memberi bantuan bahan-bahan pokok kepada ratusan warga banjir di 2 kelurahan.

Ratusan warga yang rumahnya masih terendam banjir mengungsi ke tempat lebih aman. Di sana mereka menunggu bantuan dari pemerintah daerah setempat. Air bah di Banyuwangi juga merendam ratusan hektare sawah siap panen.

Hujan lebat selama 12 jam membuat Sungai Semayo yang membelah Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi meluap. Arus air yang deras mengalir ke permukiman penduduk.

Desa yang terendam banjir paling parah adalah Pasar Rantau Panjang. Ratusan rumah terendam air dengan ketinggian lebih dari 1 meter. Warga mengungsi ke tempat lebih tinggi. Air bah ini merupakan yang ke-4 dalam kurun waktu 4 bulan ini.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.