Sukses

Polisi 'Pemalak' Turis Belanda di Bali Dibebastugaskan

Propam Polda Bali memeriksa 2 polisi yang berada dalam video yang diuggah di laman Youtube.

Anggota Polisi Lalu Lintas Polres Badung Aipda Komang Sarjana yang terekam kamera saat 'memalak' turis asal Belanda diperiksa oleh Propam Polda Bali. Selain itu, Propam Polda Bali juga memeriksa Bripka Putu Indra Jaya yang juga terlihat dalam rekaman di Pos LIO Square itu.

"Kami tarik 2 anggota itu dalam rangka pemeriksaan Propam," kata Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi di Denpasar, Kamis (4/4/2013).

Arif mengatakan, saat ini pemeriksaan masih berlangsung. Sehingga sanksi yang akan diberikan untuk 2 polisi itu belum ditentukan. Sanksi baru bisa ditentukan setelah pemeriksaan. "Tunggu pemeriksaan selesai," katanya.

Dia menambahkan, 2 polisi itu untuk sementara tidak lagi bertugas di Pos Polisi LIO Square. Keduanya ditarik ke Mapolda Bali sampai pemeriksaan usai. "Sementara dibebastugaskan dari Latas, sampai pemeriksaan selesai," tutur Arif.

Video rekaman yang menampilkan aksi Aiptu Komang tengah menilang seorang turis asal Belanda bernama Van der Spek beredar di laman Youtube. Video berdurasi 4 menit 49 detik itu diunggah oleh akun gil4sekali pada 1 April.

Dalam rekaman itu, Komang menilang Van der Spek. Namun, Komang berusaha 'mengajak damai' Spek dan meminta uang Rp 200 ribu sebagai denda pelanggaran lalu lintas. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini