Ditemukan! Laba-laba Beracun Sebesar Wajah Manusia di Srilanka

By Tanti Yulianingsih

on Apr 04, 2013 at 12:47 WIB

Baru-baru ini ditemukan laba-laba jumbo atau tarantula yang berbisa jenis baru di Sri Lanka. Sebuah spesies serangga baru itu berukuran sekitar 25 cm atau sebesar wajah manusia dewasa.

"Tarantula itu memiliki panjang kaki 20 cm, dengan corak khas berwarna kuning pada kaki dan merah muda di sekitar tubuh mereka," kata seorang ilmuwan seperti ditulis News.com.au Kamis (4/4/2013).

Para ilmuwan dari Pendidikan Keanekaragaman Hayati dan Penelitian (BER) organisasi Sri Lanka itu menemukan serangga melata berbulu tersebut di sebuah bangunan rumah sakit, tempat markas dokter saat perang di bagian utara Mankulam Sri Lanka.

Arakhnida --bahasa latinnya tarantula-- itu pun diberi nama Poecilotheria Rajae. Nama itu diberikan untuk menghormati Michael Rajakumar Purajah, seorang pejabat senior polisi yang memimpin tim penelitian melalui hutan yang berbahaya.

Ilmuwan tersebut juga mengatakan, hewan yang hidup berkelompok itu sepertinya memiiki hubungan dengan jenis laba-laba Amerika Selatan pemakan burung yang diklaim sebagai laba-laba terbesar di dunia. Spesies itu pertama kali terlihat pada Oktober 2009. (Tnt)
Suka artikel ini?
Tanti Yulianingsih
Tanti Yulianingsih

  Full bio »

0 Comments