by

Kompolnas Bikin Daftar Para Kandidat Kapolri

  • Politik
  • 0
  • 04 Apr 2013 09:10
Jelang masa pensiun Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengaku sudah mengumpulkan beberapa nama potensial yang akan menggantikannya.

"Sekarang kita sudah kumpulkan beberapa nama yang potensial. Tim sekarang sudah bekerja," kata anggota Kompolnas Adrianus E. Meliala di Jakarta saat ditemui Liputan6.com, Kamis (4/4/2013).

Pengumpulan nama ini didasarkan pada metode rekam jejak yang digagas Kompolnas pada calon posisi tertinggi di kepolisian itu. Data rekam jejak ini tak hanya meliputi informasi publik, tapi juga termasuk harta kekayaan jika informasi tersebut bersedia dibeberkan Polri dan pihak terkait.

"Jadi kami tidak akan bertanya kepada Polri. Itu tergantung informasi yang dilepas Polri," tutur Adrianus.

"Apapun yang dilepas KPK itu yang akan kami anggap sebagai database kami. Sehingga kami tidak hanya memberi nama ke presiden. Terserah presiden memilih," lanjutnya.

Namun, Kompolnas menyatakan pihaknya belum akan berkomunikasi dengan para calon jenderal. Pihaknya malah akan membuat peringkat dari nama-nama calon.

"Sejauh ini kami belum berkontak dengan dia. Kami buat peringkat. Data tersebut kami tidak akan publikasikan, kami sampaikan ke presiden. Kami sebagai pembantu presiden," ungkap Adrianus.

Kompolnas berharap rekam jejak yang dihimpun tidak salah sasaran dalam menetapkan calon kapolri. "Sebagaimana diatur undang-undang, kami mengusulkan beberapa nama. Di situ, berdasarkan konteks paling senior dan memiliki masa kerja 2 tahun. Kami tidak mau hanya kasih nama sepanjang dia bintang 3. Makanya kami akan mengusulkan nama itu dengan beberapa temuan kami. Semua dengan metode rekam jejak," tukasnya. (Yus) (Yus Ariyanto)
Comments
Sign in to post a comment