Sukses

VIDEO: 2 Pelaku Kerusuhan Palopo Diringkus, Jadi 7 Orang

Tim Polres Palopo yang dibantu Polda Sulawesi Selatan meringkus 2 pelaku kerusuhan Kota Palopo. Sehingga jumlah yang ditangkap menjadi 7 orang.

Satu per satu pelaku kerusuhan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan diringkus polisi. Terakhir, tim Polres Palopo yang dibantu Polda Sulawesi Selatan meringkus 2 pelaku kerusuhan tersebut. Sehingga jumlah yang ditangkap menjadi 7 orang.

Diberitakan Liputan 6 SCTV, Rabu (3/4/2013), kedua pelaku, Reza dan AT dicurigai berperan besar saat terjadinya amuk massa pascapenetapan Walikota Palopo terpilih oleh KPU. Reza, warga Perumahan Anggrek Kota Palopo merupakan pegawai honorer di Kantor Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah.

Sedangkan AT yang ditetapkan sebagai tersangka utama, diidentifikasi sebagai penggerak massa saat terjadi kerusuhan yang menimbulkan kerugian miliaran rupiah itu.

Terhadap para tersangka, Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Mudji Waluyo menegaskan akan menjerat para mereka dengan pasal berlapis. Sementara aktor intelektual aksi rusuh massa juga akan didalami keterkaitan sejumlah pihak, terutama yang kecewa dalam penetapan Pilkada Palopo itu.

Kerusuhan terjadi pada Minggu 30 Maret siang. Massa membakar sejumlah gedung di Kota Palopo setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat mengumumkan pasangan calon pemenang pemilihan walikota dan wakilnya. Diduga, ketidakpuasan pendukung salah satu pasangan menjadi penyebabnya. Polisi hingga kini telah menahan 7 orang.

Menurut Karo Penmas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, polisi belum memfokuskan pemeriksaan pada massa pendukung pasangan calon walikota dan wakil walikota tertentu.

"Pemeriksaan kami belum lihat satu per satu tersangka ini mendukung siapa. Tapi patut diduga mereka simpatisan calon walikota dan wakil," tukas Boy. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.