487 Perempuan Daftar Jadi Caleg Partai Nasdem

on

Partai Nasdem mengklaim telah memenuhi kuota 30 persen perempuan untuk menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS). Jumlah tersebut setara dengan sekitar 487 perempuan dari total 1.800 pendaftar.

"Kami sekarang ini untuk DPR sudah ada sekitar 1.800 pendaftar, untuk perempuan ada 497 orang. Ini masih kita kerjakan terus, masih diseleksi terus," kata Sekjen Nasdem, Patrice Rio Capela di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Menurut Rio, jumlah pendaftar yang terbilang banyak itu lantaran tidak sebandingnya jumlah partai peserta Pemilu 2014 dengan animo masyarakat yang tinggi untuk mendaftar sebagai DCS.

"Ini termasuk membludak, cukup banyak yang mau daftar, tapi partainya cuma 12. Kadang ada yang SMS, sampai hang hp saya," ujarnya.

Rio pun menambahkan kalau sebagian besar pendaftar terbagi rata antara pendaftar kader dan pendaftar non-kader. "Hampir 50 persen kader dan 50 persen lainnya non-kader. Jumlah pendaftarnya itu sebagian besar anak muda, sekitar 70 persen," terangnya.

Walau demikian, Partai Nasdem mengaku ada masalah dalam Peraturan KPU terkait keterwakilan perempuan yang rumusnya berbeda dengan UU yang berlaku.

"Di UU itu diaturnya tiap kelipatan tiga ada keterwakilan satu perempuan, sehingga terpenuhi 30 persen. Kalau SK KPU baru itu rumusnya beda, dia kumulatifkan dulu," tutur Rio. (Ali)
Suka artikel ini?
Silvanus Alvin
Silvanus Alvin

  Full bio »

0 Comments