Sukses

Mahfud MD Lakukan Analisis SWOT Sebelum Masuk Parpol

Mahfud MD kini bersiap berjuang maju dalam Pilpres 2014 dan tengah memilih partai untuk jadi kendaraan politiknya.

Mahfud MD sudah tidak lagi menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Ia pun kini bersiap berjuang maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan tengah memilih partai untuk jadi kendaraan politiknya.

"Ya sekarang saya analisis partai-partainya dulu. Pakai SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, and Threat) memetakan dulu kekuatan dan kelemahan partai tertentu, peluangnya ke depan bagaimana, kalau ada gunanya kita gunakan, kalau tidak kita cari alternatif lain," imbuh Mahfud MD di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2013).

Analisis SWOT tersebut sangat diperlukan Mahfud. Sebab, berdasarkan hasil survei yang ia tahu, namanya sudah memiliki tingkat elektabilitas yang cukup berpengaruh.
"Bagaimanapun juga dengan tingkat elektabilitas saya sekarang bisa memberi pengaruh juga, jaringan saya pun cukup banyak pula," terangnya.

Walau sudah menyatakan akan maju sebagai capres, Mahfud mengaku takut. "Saya sebenarnya takut juga jadi presiden. Ada banyak persoalan yang harus diselesaikan, dari persoalan disintegrasi, birokrasi yang rusak dan sulit diperbaiki, kenapa banyak orang-orang mau ramai-ramai jadi presiden," paparnya.

Namun, lanjut Mahfud, terlepas siapapun yang terpilih menjadi presiden nantinya, ia menyarankan satu hal yaitu perlunya penegakan hukum. "Siapapun yang jadi presiden, 50 persen itu bisa diselesaikan kalau hukum bisa ditegakkan. Kalau hukum ditegakkan, 50 persen beres," ujarnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini