Sukses

Kongres HMI 2013 Dianggap Terlama Sepanjang Sejarah

Bentrokan antarpeserta kerap terjadi dalam Kongres ke-28 Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) di Gedung Graha Insan Cita (GIC), Depok, Jawa Barat.

Bentrokan antarpeserta kerap terjadi dalam Kongres ke-28 Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) di Gedung Graha Insan Cita (GIC), Depok, Jawa Barat. Kongres HMI ini pun dianggap sebagai yang paling lama digelar sepanjang HMI berdiri.

Peserta kongres HMI asal Sulawesi Selatan merasa kecewa dengan berlarutnya kongres ini. Ia mengaku kongres ini merupakan yang terlama sepanjang sejarah HMI. Sebab, sudah hampir sebulan kongres berlangsung.

"Ini memang kongres terlama dalam sejarah, hanya untuk menetukan Ketua Umum Pengurus Besar HMI," kata mantan Ketua Umum HMI Cabang Goa Raya, Sulawesi Selatan, Alumnus Zainudin kepada Liputan6.com di Depok, Selasa (2/4/2013).

Ia mengakui yang melatarbelakangi kongres ini lama digelar lantaran persidangan yang cenderung molor dan kerap di-pending. Meski ada aturan main, namun semua keputusan tertinggi ada di peserta kongres.

"Memang seharusnya sejak Senin malam, kongres sudah masuk pada tahapan sidang paripurna, namun terhenti karena keributan itu. Sidang paripurna sendiri membahas agenda rekomendasi dari sidang komisi-komisi," ujar dia.

Saat ini peserta kongres sudah banyak yang kembali ke daerahnya masing-masing, meski masih ada beberapa peserta kongres se-Indonesia yang bertahan untuk menentukan Ketua Umum PB HMI yang baru.

"Peserta kongres masih ada seluruh Indonesia. Tapi saya sendiri akan kembali ke Makassar secepatnya," ungkap Zainudin.

Kongres ke-28 HMI ini sudah digelar sejak Sabtu 16 Maret lalu. Sepanjang kongres yang beragendakan pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar HMI periode 2013-2015 ini kerap ditunda, lantaran berbagai intrupsi dan protes selalu mewarnai persidangan kongres. Ditambah terjadinya beberapa insiden kerusuhan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini