Sukses

Teroris Peracik Bom Pipa Bekasi Dibekuk di Semarang

Tersangka atas nama Fajar Sidik (29) alias Jejen alias Usep ditangkap pada Kamis (28/3) di Simpang 5, Semarang, Jawa Tengah.

Densus 88 Anti-Teror kembali membekuk terduga teroris yang diduga terlibat perampokan emas di Tambora, Jakarta Barat. Tersangka atas nama Fajar Sidik (29) alias Jejen alias Usep ditangkap pada Kamis (28/3) di Simpang 5, Semarang, Jawa Tengah.

"Ditangkap setelah dilakukan pengembangan terhadap 4 orang tersangka yang sebelumnya tertangkap oleh Polda Metro Jaya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/3/2013).

Dari pendalaman penyidik, didapatkan dugaan-dugaan terhadap peran dari Fajar (29). Tersangka yang lahir di Tasikmalaya tahun 1984 ini juga menjadi perantara penjualan senjata api pada kelompok teroris Beji yang digawangi Toriq Cs.

"Dugaan, Fajar sebagai pembuat senjata rakitan jenis Uzi dan meracik bom pipa yang ditemukan di Bekasi. Pernah juga sebagai pengantar senjata api kepada pelaku F yang saat ini masih dalam pengejaran," tukas Boy.

Polisi masih terus mendalami informasi yang didapatkan dari korban perampokan maupun tersangka yang sudah berhasil ditangkap dari 8 orang pelaku. "Ini masih berjalan. Dari saat penangkapan, ada barang bukti yang sedang dikembangkan, seperti identitas diri," ungkapnya.

Sebanyak 8 pelaku bersenjata api merampok sebuah toko emas di kawasan Tambora, Jakarta Barat. Dari penangkapan terhadap 4 pelaku di Bekasi disita pula 14 bom pipa, 5 senjata api rakitan, 2 pucuk revolver, dan 34 butir peluru kaliber 9 mm.

Dari pengakuan pelaku, mereka akan menjual emas untuk memenuhi kebutuhan operasi terorisme yang cukup tinggi. Tak hanya sekali melakukan tindak kriminal, para pelaku juga pernah merampok toko material pada Desember 2012, kantor pos, serta konter telepon genggam pada Januari lalu. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.