Sukses

VIDEO: 5 Tersangka Kerusuhan Palopo Ditangkap

Aparat kepolisian Palopo, Sulawesi Selatan telah menangkap 5 orang yang diduga pelaku dan otak intelektual kerusuhan dan pembakaran kantor Pemerintah Kota Palopo

Aparat kepolisian Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menangkap 5 orang yang diduga pelaku dan otak intelektual kerusuhan dan pembakaran kantor Pemerintah Kota Palopo. Polisi juga mengejar pelaku lain yang diduga masih bersembunyi di sekitar Kota Palopo.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Inspektur Jendral Polisi Mudji Waluyo mengatakan, 5 tersangka ditangkap karena dicurigai berperan besar dalam kerusuhan pasca penetapan hasil Pilkada Kota Palopo pada Minggu 31 Maret.

"Terakhir 1 lagi kita tangkap, itu inisalnya AT. Dia merupakan pengerak. Dia yang meneriakkan ayo serbu, ayo bakar. Tepatnya di depan perpustakaan. AT itu intelektualnya" ujar Mudji di Palopo, Sulsel, Selasa (2/4/2013).

Situasi Kota Palopo sampai sudah mulai kondusif dan berangsur normal. Namun sejumlah petugas TNI dan Polri tetap disiagakan di sejumlah titik keramaian.

Kantor Walikota Palapo dibakar massa karena tidak puas atas pleno hasil Pilkada Kota Palopo yang menetapkan pasangan Judas Amir dan Ahmad Syatifuddin sebagai pemenang. Massa juga membakar kantor DPD Partai Golkar Kota Palopo, kantor Harian Palopo Pos, dan kantor Dinas Pehubungan Kota Palopo.

Akibat kejadian ini, Pemerintah Kota Palopo memindahkan kantor Walikota ke rumah jabatan Walikota Palopo agar pelayanan publik bisa tetap berjalan. "Sudah ada yang angkat barang. Dari situ (kantor terbakar) kita pindah sementara," kata pegawai Kantor Walikota Palopo Kamriah Muhajir. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.