Sukses

VIDEO: Anjing Labrador Salami Paus Fransiskus Ucapkan Selamat

Tidak hanya manusia, anjing labrador juga ikut dalam antrean untuk memberi selamat ke Paus Fransiskus I yang baru terpilih.

Konklaf atau pemilihan paus yang baru di Vatikan memang telah usai. Tapi cerita menarik dan inspiratif tentang Paus Fransiskus I yang dikenal sebagai sosok sederhana ini tak akan sirna. Salah satunya anjing labrador yang ikut menyalami paus untuk mengucapkan selamat.

Sepanjang hari Rabu 13 Maret 2013, cuaca Kota Vatikan kurang bersahabat. Hujan dengan intensitas sedang terus mengguyur Kompleks Basilika Santo Petrus, termasuk kapel sistin yang menjadi lokasi konklaf. Meski demikian, antusiasme pengunjung tak surut untuk menyaksikan hasil konklaf. Dengan pakaian tebal dan payung, mereka menanti asap putih dari cerobong.

Cerobong asap yang menjadi pusat perhatian malah menjadi tempat bertengger seekor burung Camar. Tak lama kemudian, asap putih yang ditunggu pun mengepul -- pertanda bahwa paus baru telah terpilih. Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi paus baru dengan nama Paus Fransiskus I. Seakan ikut bersuka cita, sekawanan burung pun terbang mewarnai langit Vatikan.

Gegap gempita ratusan ribu umat di alun-alun Basilika Santo Petrus berubah menjadi hening saat Paus Fransiskus I mengajak semua yang hadir untuk berdoa bersama.

Bukan hanya pengunjung yang antusias untuk menemui sang paus baru, tetapi juga ribuan wartawan peliput dari seluruh dunia yang berusaha menuju aula San Paolo, lokasi audiensi sang paus baru.

Sekitar 30 menit, Paus Fransiskus I berbicara santai sambil sesekali melempar banyolan kepada wartawan. Paus juga menerima ucapan selamat dari para undangan.

Tidak hanya manusia, anjing labrador juga ikut dalam antrean untuk memberi selamat ke paus. Rupanya si anjing sedang menemani pemiliknya yang penyandang tunanetra untuk menyalami paus.

Berbeda dengan paus-paus sebelumnya, Paus Fransiskus I tidak memakai mantel merah. Ia memilih jubah sederhana, serta pallium sejenis dasi melingkar dengan gambar salib dari wol dan cincin nelayan berlapis emas.

Paus Fransiskus I juga mendobrak tradisi. Pada misa kamis putih, ia membasuh kaki 12 narapidana termasuk 2 perempuan di sebuah penjara di Roma.

Paus asal Buenos Aires Argentina ini juga kerap keluar dari protokoler, untuk lebih dekat dengan umat, menyapa dan mendoakannya. Seperti nama Fransiskus yang disandangnya, ia berjanji untuk berpihak pada yang miskin, lemah dan tersisih. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini