Sukses

VIDEO: Menyedihkan, Masih Ada Sekolah Seperti Kandang Ayam

Meski terletak di Kabupaten Cianjur yang jaraknya relatif dekat Ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung, namun masih ada sekolah yang seperti kandang ayam.

Meski terletak di Kabupaten Cianjur yang jaraknya relatif dekat Ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung, namun masih ada sekolah yang seperti kandang ayam. SD Negeri Giriasih, Cikadu, Cianjur misalnya. SD ini hanya terbuat dari bambu dan berlantai tanah. Sekolah yang dibangun dari swadaya masyarakat ini sengaja dibuat untuk warga sekitar yang membutuhkan sekolah.

SDN Giriasih berlokasi di Kampung Kebon Muncang, Desa Cisaranten, Cianjur, Jawa Barat. Bangunan  3 lokal tersebut terbuat dari bambu dan kayu sebagai tiang penyangganya, Senin (1/4/2013). Dindingnya terbuat dari bambu, sedangkan lantainya masih tanah.

Jangan berharap sekolah darurat ini mempunyai ruang guru atau perpustakaan, kamar mandi pun tidak punya. Demikian juga siswanya, mereka bebas mengenakan alas kaki, ada yang bersepatu, sandal, bahkan ada pula yang tanpa alas kaki.

Sekolah darurat ini sebetulnya hasil swadaya masyarakat yang peduli pendidikan. Karena Sekolah Induk Giri Mekar jaraknya mencapai 10 kilometer. Pihak warga berharap pemda segera membangun sekolah agar anak usia sekolah di desa mereka dapat bersekolah.

Bangunan sekolah baru juga menjadi harapan siswa. Selain dekat dengan rumah, mereka juga tidak terkendala dengan alam. Dengan bangunan sekolah seperti sekarang, proses belajar mengajar sering terganggu.

Wilayah Cikadu, Cianjur, memang termasuk daerah terpencil. Keterbatasan akses jalan dan sekolah membuat pembangunan wilayah ini tergolong terbelakang.

Di tangan gubernur baru terpilih yang mencanangkan pendidikan gratis hingga SMA, bukan mustahil impian warga Cisatanten, Cianjur, untuk mempunyai gedung sekolah sendiri akan terwujud. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.