VIDEO: Ijazah Tak Diberikan, Mahasiswa di NTB Ancam Bakar Kampus

  • Peristiwa
  • 0
  • 02 Apr 2013 01:28
Mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, terlibat adu mulut dan nyaris terjadi perkelahian dengan sejumlah dosen di kampus tersebut. Awal keributan terjadi saat para mahasiswa menggelar orasi di depan ruang akademik dan dianggap mengganggu konsentrasi kerja dosen.

Unjuk rasa itu mengakibatkan aktivitas perkuliahan terganggu karena para pengunjuk rasa merazia mahasiswa di ruang kuliah, Senin (1/4/2013). Pengunjuk rasa mengancam akan membakar kampus bila ijazah mereka tidak diselesaikan pihak yayasan dalam 2 pekan mendatang. Pihak Yayasan STAI Al-Amin menyetujui tuntutan para alumni dan berjanji untuk berkontribusi dengan IKIP Jember terkait pembuatan ijazah mahasiswa.

Sebelum percekcokan menjadi lebih parah, sejumlah petugas keamanan kampus langsung melerai para mahasiswa dan dosen yang terlibat keributan. Namun, mahasiswa kemudian melanjutkan aksi dengan merusak dan membakar sejumlah fasilitas kampus.

Kekesalan mahasiswa dan alumni itu dipicu tidak adanya kepastian dari pihak kampus terkait ijazah sarjana 200 mahasiswa yang sudah diwisuda dari angkatan 2011 hingga 2012.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa sempat mengusir anggota kepolisian yang datang mengawasi jalannya aksi. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya Ketua Yayasan Al-Amin bersedia menandatangani surat pernyataan yang telah disiapkan pengunjuk rasa. (Tya/Frd)

(Frd)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler