by

FOTO: Bendera Aceh Berkibar di Banda

  • Politik
  • 0
  • 01 Apr 2013 18:14
Pemberlakukan qanun (Perda) tentang bendera dan lambang Aceh mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang disahkan DPRD Aceh 22 Maret 2013 lalu terus menuai kontroversi. Bendera Aceh itu bergambar bulan bintang dengan garis hitam putih di bagian bawah dan atas yang terlukis di atas sehelai kain berwarna merah tua.

Menteri Dalam Negeri Gamawan berpendapat bendera Aceh yang memakai lambang GAM dapat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat Serambi Ka'bah itu. Ia sudah mengkaji dan mengevaluasi qanun DPRD Aceh tersebut.

"Ada beberapa poin yang kita harapkan pemerintah Aceh bisa evaluasi ulang," ujar Gamawan Fauzi di Jakarta, Senin (1/4/2013). Perda pada prinsipnya tidak boleh bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, serta tidak boleh bertentangan dengan kepentingan umum.

"Peraturan Pemerintah nomor 77 2007 menyebutkan lambang atau bendera tidak boleh menyerupai lambang separatis," jelas mantan Gubernur Sumatera Barat ini. Menurut Gamawan, ada 10 poin lebih yang harus dievaluasi dalam Qanun Aceh itu. Ia berharap Gubernur dan DPRD Aceh bisa memahami evaluasi tersebut. Berikut foto-foto:

1. Bendera raksasa 'Bulan bintang'  (Antara/Ampelsa)

2. Bendera raksasa 'Bulan bintang' diserahkan ke ketua DPRA Hasbi Abdullah (Antara/Ampelsa)

3. Mantan pasukan Inong Balee GAM dan bendera Aceh di Masjid Baiturrahman (Antara/Ampelsa)

4. Bendera berkibar di antara konvoi kendaraan (Antara/Ampelsa)

5. Di atas kendaraan, bendera mirip lambang GAM diusung (Antara/Ampelsa)


(Ism) (Ism)
Comments
Sign in to post a comment