Sukses

VIDEO: Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Unik

Karena hasil karyanya yang unik, kini produk wadah kaleng bekas tersebut kerap diburu warga dari luar Situbondo.

Kaleng bekas di tangan seorang warga Situbondo, Jawa Timur, ternyata bisa berubah menjadi beragam wadah bernilai ekonomis. Karena hasil karyanya yang unik, kini produk wadah kaleng bekas tersebut kerap diburu warga dari luar Situbondo.

Jika sebagian orang memilih membuangnya, bagi Sudirjo, warga Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, kaleng bekas masih memiliki manfaat. Limbah kaleng bekas yang banyak berserakan di desanya, ia kumpulkan, ia gunting sesuai pola, lalu dibentuk sedemikian rupa menjadi aneka wadah.

Uniknya hasil karya bapak dua anak itu dibuat secara manual tanpa las atau patri. Ilmu kerajinan ini ia dapat secara otodidak, terinsipirasi dari kegiatannya saat ia bekerja di bengkel mobil.

Dalam sehari, ia mampu memproduksi 25 buah kerajinan yang dijualnya dengan harga bervariasi tergantung bentuk dan ukuran. Bentuk persegi ukuran kecil Rp 15 ribu perbuah, ukuran besar Rp 35 ribu. Sedangkan bentuk rantang susun yang biasa diburu para penjual kue, dijualnya dengan harga Rp 40 ribu.

Selain warga sekitar Situbondo, peminat hasil karya Sudirjo juga datang dari Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Probolinggo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.