Sukses

VIDEO: Kekurangan Tenaga Medis, 5 Ibu di Papua Meninggal

Sedikitnya 9 anak dan 5 ibu hamil meninggal akibat kekurangan gizi di 5 kampung, Distrik Kafou, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.

Sedikitnya 9 anak dan 5 ibu hamil meninggal akibat kekurangan gizi di 5 kampung, Distrik Kafou, Kabupaten  Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Daerah itu memang kesulitan tenaga medis.

Lima kampung yang warganya mengalami kekurangan gizi, cacingan, serta wabah malaria, adalah Jokjoker, Kosefo, Badei, Sukuwes, dan Krisnos. Kejadian ini baru diketahui setelah pihak gereja membawa seorang ibu dan anak dari Kampung Jokjoker, 2 hari berjalan kaki untuk berobat ke Puskesmas Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw.

Si anak, hingga kini masih dirawat karena menderita komplikasi gizi buruk dengan Malaria Tropika. Kondisi buruk ini diduga akibat tenaga medis yang ditempatkan di kelima kampung tersebut meninggalkan tempat bertugas.

Meski hingga kini Pemda setempat telah menyalurkan bantuan berupa makanan cepat saji dan tambahan, obat obatan, serta tenaga medis, menggunakan helikopter, namun pihak Dinas Kesehatan setempat belum menyatakan kejadian tersebut sebagai kejadian luar biasa. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini