Sukses

Penyebab Kongres HMI Ricuh

Kongres HMI yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu 20 Maret 2013 malam, sempat diwarnai kericuhan.

Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang digelar di Gedung Graha Insan Cita (GIC), Depok, Jawa Barat diwarnai kericuhan pada Sabtu dini hari. Massa membakar balok kayu dan nyaris merusak gedung.

Ternyata ricuh tersebut terjadi lantaran sidang sering ditunda. Skorsing tersebut pun menyebabkan terlantarnya para peserta kongres.

"Beberapa utusan HMI cabang ada yang tidak dapat tempat tidur, makan, dan ada yang sakit. Sehingga mereka menuntut tanggung jawab. Lalu, muncullah reaksi seperti kejadian kemarin. Ada keributan. Orasi-orasi," ungkap Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sulawesi Tengah Rian Virvian Hidayat di Gedung GIC, Depok, Sabtu (30/3/2013).

Selain itu, sambung dia, skorsing yang sering diberlakukan juga tidak memiliki batasan waktu jelas. "Sebab keributan itu, ada penyebab lain juga, yaitu skorsing sidang yang tidak punya batasan waktu dan ada juga skorsing tanpa ada presidium," imbuh Ryan.

Ryan pun menuturkan, akibat sering ditundanya sidang membuat batas waktu untuk tinggal di Asrama Haji menjadi habis. "Jadi, saat itu kami dari Bakor HMI bersama kanda-kanda lain yang peduli dengan nasib adik-adik kami mendapat tawaran, maka pindahlah ke Gedung GIC, Depok dari Asrama Haji," ucapnya.

"Target kami lebih cepat, lebih baik. Menyelesaikan sidang dan mencari Ketua HMI baru. Kami ragu kongres ini dapat melahirkan ide-ide atau gagasan dalam berbangsa serta bernegara dalam konteks kekinian," pungkas Ryan.

Selama tinggal di Gedung GIC, sidang kongres sempat berlanjut dan dilakukan di masjid sebelah gedung. Biaya akomodasi peserta HMI itu kini ditanggung pihak GIC. "Pengurus GIC adalah kakak senior kami di HMI yang sebagian besar pengurus KAHMI," tutur Ryan.

Pantauan Liputan6.com, tidak ada agenda sidang Kongres HMI hari ini. Salah seorang anggota dari HMI Manado mengaku belum ada kejelasan agenda. Selain itu, tampak pula beberapa peserta tidur di kamar masing-masing. Ada pula yang bercengkrama di depan masjid.

Kongres ke-28 HMI ini sudah digelar sejak Sabtu 16 Maret lalu. Sepanjang kongres yang beragendakan pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar HMI periode 2013-2015 ini, protes dan unjuk rasa selalu mewarnai. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini