Sukses

Pilkada Jateng, Pertarungan Elit & Akar Rumput PDIP

"Dari pemilu ke pemilu sebenarnya kekuatan PDIP di Jawa Tengah sebagai basis terancam menjadi mitos."

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah diperkirakan akan berlangsung panas. Pertarungan diperkirakan tak hanya terjadi di antara calon untuk memperebutkan kursi Jateng-1.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, menyatakan, pertarungan yang seru bakal terlihat di internal PDI Perjuangan. Yakni petaruangan elit partai dengan akar rumput.

"Disingkirkannya Rustiningsih dengan cara yang kurang layak di saat terakhir pencalonan, dan disertai 'dropping' kandidat dari pusat, telah menimbulkan keresahan dan keretakan pada mesin teritorial PDIP," kata Rico di Jakarta, Jumat (29/3/2013).

Menurutnya, tokoh-tokoh akar rumput PDIP diduga akan 'membalas' keputusan partai yang menyingkirkan Rustriningsih.

Sementara itu, ada hal yang perlu dicermati mengenai suara PDIP di Jateng. Berdasarkan catatannya, Rico menilai terjadi penurunan kepercayaan masyarakat terhadap partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut dari pemilu terakhir.

"Dari pemilu ke pemilu sebenarnya kekuatan PDIP di Jawa Tengah sebagai basis terancam menjadi mitos," ujarnya.

Rico mencontohkan, pada Pemilu 1999 suara PDIP 32,2 persen, Pemilu 2004 turun menjadi 27,9 persen. Terakhir dalam Pemilu 2009 jatuh lagi menjadi 24.8 persen, "Artinya data itu menunjukkan pudarnya kekuatan banteng secara signifikan di Jateng dan ini berarti kekuatan Ganjar pun tidak kuat," ujarnya. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini