Sukses

Areal Masjid Istiqlal Jadi Parkiran Jemaat Paskah Gereja Katedral

Pengamanan gabungan terdiri dari pasukan Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, dan Polsek Sawah Besar. Untuk sterilisasi dilakukan Tim Gegana.

Polisi sudah  melakukan sterilisasi pengamanan di luar Gereja Katedral, Jakarta Pusat, demi kenyamanan dan keamanan sekitar 5 ribu jemaat. Untuk pengamanan di dalam gereja, polisi mengandalkan tim pengamanan internal.

Pantauan Liputan6.com, pengamanan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat pagi (29/3/2013), terlihat ketat. "Ada sekitar 120 personel gabungan yang mengamankan," kata Kapolsek Sawah Besar Kompol R Sitinjak di lokasi.

Pengamanan gabungan terdiri dari pasukan Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, dan Polsek Sawah Besar. Untuk sterilisasi dilakukan Tim Gegana sejak sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi. Termasuk mengerahkan tim anjing pelacak K-9.

Pengamanan dari Sabara dan Reserse juga tak ketinggalan. Untuk menghindari ketidaknyamanan jemaat, polisi mengandalkan pengamanan internal gereja untuk mengamankan di dalam gereja.

Sedangkan pemeriksaan bagi para jemaat, polisi melakukan pemeriksaan menggunakan detektor logam di pintu masuk. "Pengamanan kami hanya di ring luar," kata Sitinjak.

Menurut Sitinjak, pengamanan yang dilakukan kali ini tidak ada yang istimewa dan juga tidak terlalu ketat. Kondisi ini berlangsung setiap tahun. "Untuk parkir kendaran mobil dan motor jemaat Paskah digunakan parkiran di Masjid Istiqlal dan Kantor Pos Besar," kata dia. (Ism)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.