Sukses

VIDEO: Pembongkaran Bangunan di Jakarta Ricuh

Pembongkaran belasan ruko di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, diprotes warga karena reruntuhannya menimpa rumah mereka.

Pembongkaran belasan ruko di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, diprotes warga karena reruntuhannya menimpa rumah mereka. Di Penjaringan, Jakarta Utara, ratusan bangunan di Bantaran Waduk Pluit dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menormalisasi Waduk Pluit.

Pembongkaran belasan ruko ini nyaris dihentikan warga Jatinegara karena mengganggu rumah mereka. Meski diprotes, pembongkaran tetap dilanjutkan. Namun karena tidak hati-hati, 2 rumah warga ikut rusak, sehingga terjadi kericuhan.

Warga mengejar petugas karena bongkaran ruko juga menyebabkan jalan menuju kampung mereka tertutup reruntuhan. Badan Penertiban berjanji mengganti seluruh kerugian warga.

Di Penjaringan, Jakarta Utara, ratusan bangunan semi permanen di sepanjang Bantaran Waduk Pluit dibongkar pada Kamis 28 Maret 2013 siang. Pembongkaran ini untuk menormalisasi Waduk Pluit.

Sebelum dibongkar, ratusan warga yang tinggal di tempat ini sudah dipindahkan ke rumah susun Marunda, rumah susun Muara Baru dan rumah susun Budha Tzu Chi. Warga yang memilih bertahan pasrah menyaksikan rumah mereka digusur.

Warga mengatakan tetap bertahan karena mereka membeli lahan tersebut. Selain itu, lokasi rusun jauh yang dari tempat mereka mencari nafkah juga menjadi alasan mereka enggan pindah.

Setelah seluruh bangunan dibongkar, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengeruk waduk seluas 80 hektar ini yang dibangun untuk mengendalikan banjir. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.