Sukses

Polisi Terjunkan 90 Personel Amankan Paskah Gereja Katedral

Kepolisian menurunkan 90 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Polses Sawah Besar.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sawah Besar Kompol J.R Sitinjak menjelaskan, pihaknya menurunkan 90 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Polses Sawah Besar. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan paskah 2013 di Gereja Keuskupan Agung Katedral, Jakarta.

"Yang diturunkan itu 90 personel kepolisian yang berasal dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakpus, dan Polsek Sawah Besar," kata Sitinjak saat ditemui di pos pengamanan Paskah Gereja Katedral, Jakarta, Kamis (28/3/2013) malam.

Sitinjak menjelaskan, pada ibadah Misa pada Hari Kamis Putih yang digelar dari pagi hingga malam ini berjalan dengan lancar. Hanya saja, kepadatan arus lalu lintas sempat terjadi di depan gereja lantaran banyak umat yang keluar dan masuk kedalam gereja untuk melakukan ibadah.

"Hari ini 4 kali misa berjalan dengan lancar. Meskipun terjadi kepadatan arus lalu lintas di depan gereja, karena masyarakat ada yang keluar dan masuk," tuturnya.

Untuk pengamanan hingga puncak acara pada hari Minggu, sambung dia, pihaknya akan tetap menerjunkan 90 personel kepolisian. Ini untuk memberikan rasa aman bagi para jemaat agar bisa beribadah dengan lancar.

"Hingga sampai Minggu paskahnya lebih kurang ada 90 personel yang berjaga," paparnya.

Menurut dia, 90 personil kepolisian itu hanya melakukan penjagaan di luar pagar Gereja Katedral saja. Untuk pengamanan dalam, tetap dilakukan oleh para petugas keamanan dalam gereja yang terdiri dari para umat, dan Citra Bhayangkara serta Pokdar Kamtibmas.

"Jadi pihak kepolisan hanya menjaga di luar pagar gereja. Di dalam ada Citra Bhayangkara dan Pokdar Kamtibmas, dibantu juga oleh jemaat gereja. Jadi, di dalam itu bisa sekitar 60 orang yang menjaga," imbuhnya.

Oleh karena itu, Sitinjak berharap Perayaan Paskah 2013 di Gereja Keuskupan Agung Katedral Jakarta ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan sekecil apapun. "Harapan kita, tidak ada hal yang meresahkan sekecil apapun. Jadi terus kita bersiaga hingga kondisi terus aman," tukas dia. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini