Sukses

Nama-nama 18 Kandidat Penasehat KPK Yang Lolos Seleksi Tulis

Panita Seleksi (Pansel) calon penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil memilih 18 kandidat dari 32 kandidat.

Panita Seleksi (Pansel) calon penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil memilih 18 kandidat dari  32 kandidat. Masukan masyarakat dinilai penting bagi Pansel terkait integritas, kepemimpinan, rekam jejak serta keindependensian para kandidat terpilih dalam proses seleksi menjadi 8 kandidat.

"Karena dari masukan publik memperkaya masukan dalam mencermati nama-nama yang lolos tahap selanjutnya. Pansel sangat membutuhkan informasi untuk dikonfirmasi pada tahapan berikutnya," ujar Ketua Pansel Imam Prasodjo di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Guna mengetahui rekam jejak 18 kandidat tersebut, selain meminta masukan masyarakat Pansel juga telah melakukan kerjasama dengan sejumlah NGO atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Pansel juga bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan.

"Kita sudah mulai undang NGO untuk memulai penelusuran rekam jejak para kandidat. Calon juga sudah laporkan daftar kekayaanya. Untuk pejabat sudah melakukan cecking transaksi lainya kami minta dengan PPATK juga," jelas Imam.

Berikut 18 nama kandidat yang telah lolos seleksi tes tertulis dan simulasi yang akan menjalani seleksi wawancara dan kesehatan pada tahapan selanjutnya:

1. Mohammad Mu'tashim Bilah (LSM)
2. Tumpal Gultom (Birokrat ESDM)
3. Maman Setiaman Partaatmaja (Birokrat/Auditor)
4. Arian Saptono (BUMN BNI-Kepatuhan)
5. Suwarsono (Akedemisi)
6. Evaristus Edy Seto (Birokrat Bea Cukai/Itjen)
7. Slamet Wahyudi (Jaksa)
9. Ahmad Ro'id (Birokrat/Pajak)
10. Hadry Harahap (Swasta-Asuransi)
11. Ermansyah Djaya (Birokrat/Akademisi)
12. Iskandar Lubis (TNI AL)
13. Alpiner Sinaga (Polri)
14. Abdul kodir (Birokrat)
15. Agus Purwanto (Pemkab)
16. Sainal Arifin (Mantan hakim/Komisioner KY)
17. Andy Rifai Achmad (Birokrat)
18. Idris (Polri)

(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.