Kebakaran Indah Cargo, Murni Musibah atau Bakar Diri?

on

Kebakaran lokal yang melanda salah satu ruangan kantor di PT Indah Cargo Logistik, Setu, Cipayung, Jakarta Timur, menewaskan 1 orang dan melukai 2 orang karyawan. Namun kebakaran lokal itu menyisakan satu pertanyaan: benarkah itu murni musibah kebakaran atau terindikasi korban membakar diri?

Kepala Polsek Metro Cipayung Komisaris Polisi Ua Triyanto belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun yang jelas, api hanya membakar tubuh Mochamad Zikra (30) yang pada akhirnya tewas saat dibawa ke Rumah Sakit Pasar Rebo.

"Ruangannya tidak terbakar, hanya membakar tubuh korban Zikra, serta membakar komputer, AC, dan berkas-berkas arsip. Ruangan lain juga tidak terbakar," kata Ua.

Saat ini, ucap Ua, penyidik masih memeriksa sejumlah saksi. Selain juga telah melakukan olah lokasi kejadian.

Dari hasil olah lokasi kejadian, jelas Ua, penyidik mencium adanya bau bensin di ruangan yang terbakar. "Serta ditemukan 4 buah botol air mineral bekas terisi bensin," ujar Ua.

Ua mengatakan, berdasar keterangan saksi Nadya (32) yang merupakan karyawan PT Indah Cargo Logistik, saat kejadian dia mendengar suara teriakan 2 rekannya bernama Santi Diosaka Gumelar (26) dan Nuroh (25) dari dalam ruangan itu.

Nadya saat itu melihat tubuh Zikra sudah dilalap api sembari memegang kedua tangan Santi dan Nuroh. "Saksi kemudian menolong dengan menarik tangannya Santi dan Nuroh, namun Zikra menarik tangan mereka lagi ke dalam ruangan. Sehingga Nadya dan Zikra sempat terjadi tarik-menarik tangan Santi dan Nuroh," kata Nadya.

Beruntung, Santi dan Nuroh berhasil melepaskan diri dari pegangan Zikra. "Santi dan Nuroh kemudian berlari ke luar ruangan, namun keduanya tetap terluka bakar," imbuh Nadya.

Baik Zikra maupun Santi dan Nuroh langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pasar Rebo. "Sampai di rumah sakit, korban Zikra akhirnya meninggal dunia," kata Ua.

Meski penyidik masih mencari tahu penyebab kebakaran, namun kemungkinan korban terindikasi membakar diri tetap terbuka lebar. Mengingat, penyidik menemukan 4 botol air mineral bekas terisi bensin, serta ruangan pascakebakaran yang tercium bau bensin.

Bahkan indikasi membakar diri menguat terlihat dari tindakan Zikra saat tubuhnya dilalap api masih sempat menarik lagi tangan Santi dan Nuroh ketika hendak ditolong Nadya.

"Saksi juga menyebut diperkirakan ada hubungan asmara di antara para korban," ungkap Ua tanpa merinci secara detil hubungan asmara seperti apa yang dimaksud.

Kebakaran terjadi di salah satu ruangan kantor di PT Indah Cargo Logistik, Rabu (27/3/2013) sekitar pukul 17.30 WIB.(Ais)
Suka artikel ini?
Oscar Ferri
Oscar Ferri

  Full bio »

0 Comments