Sukses

BNPB: Total 12 Korban Longsor Cililin Ditemukan

Total sudah ada 12 warga Cililin, Bandung Barat, Jabar, ditemukan meninggal. Sedangkan 5 warga lain masih tertimbun longsor.

Pencarian warga yang tertimbun longsor di Kampung Mukapayung, Kecamatan Cililin, Bandung Barat, Jawa Barat, masih berlangsung hingga hari ke-3. Terakhir ditemukan kembali 2 warga yang terkubur longsor.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan hingga Rabu (27/3/2013), total ada 12 warga ditemukan meninggal. Sedangkan 5 warga lain masih tertimbun longsor.

Tadi sore proses evakuasi dihentikan sementara karena lokasi hujan diguyur hujan deras. Dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan seperti yang terjadi Selasa 26 Maret kemarin.

Besok pagi akan dilanjutkan evakuasi korban. Pencarian dan evakuasi korban longsor melibatkan 420 personel tim SAR gabungan dari BNPB, BPBD, Tagana, TNI, Polri, PMI, relawan dan warga.

Kepala BNPB memerintahkan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jabar agar mengidentifikasi rekahan tanah di perbukitan yang dapat menimbulkan longsor di sekitar lokasi bencana. Proses pencarian korban tetap mengutamakan safety first bagi petugas.

Adanya mata air di bagian tengah lokasi longsor dan ketidakstabilan lereng di bagian atas dapat memicu terjadinya longsor susulan. Kebutuhan pengungsi juga segera dipenuhi.

Pengungsi mencapai 185 orang (60 KK) di mana terdapat kelompok rentan yaitu 37 anak-anak, 21 lansia, dan 21 balita yang harus memperoleh prioritas penanganan. Pengungsi sebagian besar berada di SDN Lembang. Rencana pengungsi akan ditempatkan ke daerah yang lebih aman. Sebagian masyarakat mengungsi ke rumah kerabatnya.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.