Sukses

Penyerang Lapas Cari Deki, Ancam Tahanan Lain Jika Tak Beritahu

Menurut ketrangan saksi yang dihimpun, para pelaku yang berjumlah sekitar 15 orang itu sebelumnya menanyakan tahanan yang bernama Deki.

Polisi terus mengusut insiden penyerangan yang dilakukan sekelompok bersenjata di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Menurut keterangan saksi yang dihimpun, para pelaku yang berjumlah sekitar 15 orang itu sebelumnya menanyakan tahanan yang bernama Deki.

"Menurut keterangan para saksi, mereka disuruh kumpul oleh penyerang dan menanyakan di mana Deki. Selanjutnya, ada yang menjawab Deki tidak ada. Kemudian di antara pelaku mengatakan kalau tidak diberitahu semua akan ditembak," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Yogyakarta Ajun Kombes Pol Anny Pudjiastuti, di Yogyakarta, Rabu (27/3/2013).

Anny membenarkan penembakan itu dilakukan dihadapan 35 tahanan lain. Kondisi tahanan dan petugas Lapas itu hingga kini masih shock. "Pemeriksaan sedang berjalan untuk dilakukan pendalaman terhadap 45 saksi, yang diperiksa 13 dari petugas Lapas dan sisanya dari napi," kata dia.

Terkait pemindahan 4 tersangka yang tewas ditembak, Anny menyatakan sebenarnya Polda Yogkarta menitipkan 11 orang dan bukan hanya 4 orang yang  tewas ditembak.

"Karena kondisi sel kami rusak dan direnovasi serta plafonnya bolong untuk keamanan, sehingga kami kirim ke lapas. Ini murni ketidaksengajaan," tukas Anny. (Ant/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.