VIDEO: Takut Bergaya Orba, HTI Protes RUU Ormas

on

Rancangan Undang-Undang organisasi masyarakat (RUU Ormas) yang tengah dibahas di DPR terus menuai protes. Salah satunya dari massa dari Hizbut Tahir Indonesia (HTI).

Dalam aksinya di Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/3/2013), HTI menuding, jika UU Ormas disahkan maka akan memasung daya kritis masyarakat. Olehnya HTI menolak aturan itu disahkan.

Aksi menolak RUU Ormas dilakukan ratusan masa HTI Solo. Diawali long march dari Stadion Sriwedari menuju Bundaran Gladag. Dengan membawa berbagai spanduk dan poster penolakan RUU Ormas, massa menuntut DPR agar tidak mengesahkan RUU tersebut menjadi UU, pada akhir bulan Maret mendatang.

Aksi penolakan salah satunya didasari, RUU tersebut dianggap dapat menjadi pintu bagi kembalinya rezim represif ala Orde Baru. RUU ini juga dituding berpotensi besar membungkam suara kritis masyarakat terhadap pemerintah.

Sementara itu aksi serupa digelar di Kota Bandung, tepatnya di depan kompleks Gedung Sate. Dalam aksinya masa HTI menilai RUU Ormas bakal merugikan umat Islam.

Sedangkan di Makassar, ratusan masa HTI berunjuk rasa di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.Massa HTI berjalan kaki dari depan mesjid Al Markaz Al Islami, menuju Gedung DPRD Provinsi Sulsel.

Dalam orasinya, massa HTI Makassar menolak berbagai pasal yang dianggap bisa membungkam daya kritis masyarakat, seperti ketentuan asas tunggal, larangan berpolitik bagi ormas, serta wewenang yang luas bagi pemerintah untuk melakukan kontrol. (Edo/Ein)

Credit Ein

Suka artikel ini?
Edward Panggabean
Edward Panggabean

  Full bio »

0 Comments